Join us on Facebook

X

Resep Tahu Tek, Khas Jawa Timur

Tahu Tek, Khas Jawa Timur - Salah satu pilihan untuk melengkapi rangkaian Legenda Kuliner, Resep Masakan Tradisional Nusantara adalah dengan hidangan tahu tek telor yang adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Tahu Tek Telor ini merupakan perpaduan dari bahan terbaik pilihan yang pas antara irisan berbahan lontong, tahu, kentang goreng, telur, disiram saus kacang yang ditambahkan petis, kerupuk renyah serta kecap. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan tauge dan acar untuk menambah cita rasa di setiap gigitannya.

Bahan-bahan:

- 2 buah Lontong ( @ 100 gr/buah ), dipotong-potong agak tebal
- 4 buah Tahu ( @ 50 gr/buah ), dipotong  potong kotak kotak kecil
- 90 gr Kentang, direbus, dikupas, di iris kotak kotak tipis
- 3 butir telur Ayam segar
- 1  SDT Garam
-  SDT Lada Putih bubuk
- 200 ml Minyak untuk menggoreng

Bahan pelengkap:

- 150 gr Tauge, buang ekornya, Rebus sebentar menggunakan Air yang panas, kemudian tiriskan
- 50 gr Daun Bawang, diris halus
- 25 gr Daun Seledri, diris kasar
- Bawang Goreng secukupnya
- Bahan-bahan yang dihaluskan untuk saus:
- 100 gr Kacang Tanah Goreng, buang kulit
- 2 siung Bawang Putih
- 3 biji Cabe Rawit ,digoreng sebentar ( banyaknya Cabe Rawit sesuai selera )
- 1  sdm Petis Udang - Garam, secukupnya- 2 sdm Kecap Manis ( bisa ditambah atau dikurangkan sesuai selera )- 150 ml Air matang

Cara membuat:


  1. Ambil wadah mangkuk, kocok telur dalam mangkuk, lalu tambahkan potongan tahu kotak,potongan kentang rebus, dan garam serta lada putih bubuk, lalu aduk merata, kemudian bagi menjadi 3 atau bagian, sisihkan.
  2. Siapkan penggorengan tuang minyak secukupnya lalu panaskan , goreng adonan telur tadi seperti membuat telur dadar hingga matang dikedua sisinya,lalukakan demikian untuk adonan berikutnya, sisihkan.
  3. Untuk membuat saus , campurkan semua bahan-bahan bumbu , air matang bisa ditambah atau dikurangi sesuai keinginan untuk kekentalannya.
  4. Siapkan piring untuk penyajian, Letakkan dan atur, susun berurutan potongan lontong, potongan telur dadar, Tauge rebus kemudian siram dengan bumbu.
  5. Kemudian Taburkan diatasnya irisan daun bawang,  seledri serta bawang goreng juga kerupuk sebagai pelengkap, sajikan segera. 


Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.