Join us on Facebook

X

Resep Cara Membuat Permen Jelly Yupi

Resep Cara Membuat Permen Jelly Yupi Sederhana Aneka Rasa Buah Spesial Asli Enak. Permen yupi mempunyai kekenyalan yang seperti karet yang tentunya disukai anak-anak, remaja sampai orang dewasa karena rasanya memang cukup enak dan berwarna-warni menarik serta unik beraneka ragam bentuknya. Apakah ada resep permen jelly tanpa gelatin? mungkin ada bahan yang dapat menggantikan gelatin sapi atau gelatin hewan lainnya, yaitu gelatin dari tanaman atau tumbuhan, tapi tak akan sesempurna permen jelly yupi dalam hal kekenyalannya, menurut agama islam gelatin hewan ini adalah haram karena ada rumor terbuat dari babi, makanya sulit mendapatkan sertifikasi halal MUI. Ada yang mencoba membuat permen jelly kenyal menggantikan bahan gelatin dengan nutrijel atau nutrijelly, sehingga disebut resep permen jelly nutrijel akan tetapi masih tetap berbeda untuk hasil kekenyalannya, kata ncc ahli permen gula jelly agar-agar. Nah, usahakan menggunakan gelatin sapi yang terdapat label halalnya yah...

Bahan :


  • 100 gram Gelatin
  • 200 ml Air panas
  • 150 gram Glukosa
  • 1 sendok makan Citrunzur
  • 1 sendok teh Pengering
  • 600 gram Gula kastor
  • Essen buah secukupnya
  • Pewarna secukupnya
  • 160 ml air hangat


Cara Membuat :


  1. Aduk bahan Gelatin dan air panas hingga tercampur rata, didihkan glukosa dan air hangat dan segera masukkan gelatin dan air panas yang sudah dicampur, aduk dengan api kecil kurang lebih 10 menit.
  2. Angkat beri citrunzur , bagi menjadi beberapa bagian masing-masing diberi warna dan perasa.
  3. Tuang adonan pada cetakan yang telah diolesi dengan minyak.
  4. Angin-anginkan selama 24 jam, keluarkan dari cetakan dan letakkan pada nampan yang telah diberi castor sugar yang telah diayak menjadi butiran yang lebih halus. Simpan atau kemas dengan rapi dan menarik.
  5. Glukosa terbuat dari gula buah, hampir sama seperti simpel sirup tetapi lebih kental dan padat
  6. Gelatin terbuat dari sari tulang hewan, hati-hati dalam memilih gelatin (pilih yang halal) biasanya pakai gelatin sapi.
  7. Gula kastor memiliki warna lebih putih dan butiran halus
  8. Pengering teksturnya hampir sama dengan baking powder, belinya di toko bahan kue.
  9. Pewarna dan Essens, pilih yang untuk makanan khusus untuk permen kering dan basah.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.