Join us on Facebook

X

Resep Kambing Kecap Sederhana

Resep Daging Kambing mungkin memang tidak sepopuler resep sapi. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan banyak diantara kita agak enggan kalau mau memasak resep masakan dengan menggunakan bahan daging kambing ini. Salah satunya adalah bau prengus khas kambing yang biasanya timbul saat kita memasak sendiri masakan menggunakan daging ini. Selain itu tekstur daging ini memang sedikit alot kalau cara memasaknya tidak benar dan tidak tahu tips cara membuat resep kambing yang empuk memang hasil akhirnya sedikit alot dan teksturnya tidak bisa seempuk resep masakan menggunakan daging sapi. Selain itu buat penderita hypertensi atau tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit lainnya memang harus waspada apabila mengkonsumsi masakan ini dalam jumlah yang agak banyak.


Cara Membuat dan Bumbu Resep Kambing Kecap


Di tengah masyarakat kita, ada banyak sekali resep masakan Indonesia yang berbahan dasar kambing. Salah satu resep kambing yang cukup mudah cara membuatnya dan cepat proses memasaknya adalah resep kambing kecap. Resep daging kambing bumbu kecap memang cukup populer dan digemari oleh sebagian besar masyarakat yang memang hobi dan suka makan resep masakan kambing. Bahan bahan yang dibutuhkannya pun bisa dibilang cukup sedikit apabila dibandingkan dengan resep kambing yang lain. Seperti biasa, daging kambing yang akan dimasak menjadi kambing kecap tidak perlu dicuci supaya bau prengusnya tidak keluar. Cukup direndam atau diluri dengan parutan nanas muda supaya bau khasnya hilang dan daging lebih empuk saat dimasak nantinya.

Bahan bahan Resep Kambing Kecap Sederhana

  1. Bahan utama yang dibutukan adalah daging kambing yang segar kurang lebih sebanyak 300 gram – 350 gram. Daging tidak perlu dicuci, cukup dipotong potong sesuai selera lalu rendam dengan parutan nanas muda kurang lebih selama 5-7 menit saja.
  2. Cabai Merah besar segar kurang lebih sebanyak 2-3 pcs saja. Cuci bersih lalu potong serong sesuai selera.
  3. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas kulit luarnya lalu iris kecil kecil.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit luar bawangnya lalu iris kecil kecil juga atau cincang kasar.
  5. Cabai hijau besar kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Cuci bersih lalu potong kecil serong.
  6. Ketumbar halus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil supaya lebih gurih rasanya.
  7. Kecap manis kental sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4-6 sendok makan saja.
  8. Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  9. Merica halus atau bubuk sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0/5 sendok kecil saja.
  10. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 liter saja.
  11. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  12. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu resep daging kambing kecapnya.

Cara Membuat Daging Kambing Kecap Mudah Enak

  1. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu.
  2. Masukkan bawang merah dan bawang putihnya, buah cabai merah dan hijau lalu aduk aduk dan tumis sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  3. Masukkan daging kambing yang sudah direndam di parutan nanas ke dalam penggorengan diatas lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan daging kambingnya berubah warnanya.
  4. Masukkan garam beryodium, gula pasir secukupnya, ketumbar dan merica bubuknya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan kecap manis kental yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk kembali.
  6. Tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai mendidih.
  7. Cicipi dan tambahkan kecap dan garam kalau diperlukan. Aduk aduk kembali dan angkat kalau sudah matang dan resep daging kambing kecapnya empuk.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.